Rabu, 15 Agustus 2012

SNSD Punya Pengaruh Tinggi di Kalangan Remaja Korea Utara

Dengan menyebarnya wabah K-Pop ke pasar internasional, hal ini tak lepas dari pengaruh para artisnya juga. Tingginya popularitas K-Pop ternyata juga menjangkiti negara tetangganya, Korea Utara.

Menurut laporan berita radio Korea Utara, Girls' Generation menjadi salah satu artis Korea Selatan yang paling populer dan berpengaruh untuk remaja Korea Utara.

10 Agustus lalu, acara radio itu membandingkan girlband lokal mereka yang (diduga) mirip dengan Girls' Generation, the Moranbong Band. Menurut acara itu, grup ini masih harus melewati jalan panjang untuk menyamai kesuksesan Girls' Generation.

Seakan menyamakan diri seperti Girls' Generation, para personil grup yang dilatih oleh Kim Jung Eun ini juga sering tampil dengan mengenakan rok mini yang memperlihatkan kaki jenjang mereka.

"Banyak pelajar dari Universitas Kim Il Sung dan Institut Pendidikan Kim Hyung Jik tahu nama personil Girls' Generation," kata seorang sumber di Pyongyang. "Beberapa dari pelajar menggunakan nama para personil sebagai nama mereka."

'Di Pyongyang, remaja banyak membawa USB yang berisi lagu idola dan MV artis Korea Selatan," lanjutnya. "Saat ulang tahun atau pertemuan besar, mereka sering menggunakannya. Karena itu USB menjadi item yang paling laris di sini."

Penampilan the Moranbong Band terakhir kali diketahui 27 Juli lalu di sebuah acara TV Korea Utara. Namun hal itu tetap tidak mengurangi tingginya popularitas Girls' Generation di sana.

"Hingga dua tahun terakhir lalu, lagu Na Hoon Ah, Tae Jin Ah dan Joo Hyun sangat populer di sini, tapi akhir-akhir ini lagu Girls' Generation, 2PM dan TVXQ yang menjadi tren," pungkasnya. "Walau lagunya sulit dinyanyikan dan mereka tidak tahu arti di balik lirik lagunya, para remaja tetap senang meniru gerakan tarinya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar