Rabu, 29 Agustus 2012

Lagu 'Champion' PSY Dituduh Diskriminasi Rasis

Ketenaran PSY berkat "Gangnam Style" diikuti oleh kontroversi tak terduga salah satu lagunya, "Champion". Lagu ini dituduh melakukan diskriminasi rasis yang terselubung.

Seperti yang dilansir Korea.com, "Champion" dirilis tahun 2002 dan saat ini banyak dibicarakan di luar negeri. Pasalnya, terdapat lirik yang dianggap menyinggung satu kaum tertentu. Lirik itu berisi kata "niga" yang dalam bahasa Korea berarti "kamu". Namun orang luar banyak yang salah paham menganggapnya "nigga" atau "nigger" yang dalam bahasa Inggris berarti "negro" untuk orang berkulit hitam.

"Champion, you who screams, Champion, you who goes crazy to the music, Champion, you who enjoys life, Champion, You, Champion". Demikian lirik yang diartikan "nigger" yang sebenarnya berarti "kamu" itu.

Alhasil, salah paham itu berbuntut tuduhan diskriminasi ras. Namun fans PSY banyak membelanya dan menjelaskan arti kata itu di berbagai forum diskusi internet.

"No, nigga means 'you are' in Korean. Not negro (Tidak, nigga artinya kamu dalam bahasa Korea. Bukan Negro)," ujar pemilik akun dongkyu96. "So nigga champion means ' you are champion' ok (Jadi nigga champion artinya kamu adalah juara. Oke)."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar