Sabtu, 29 September 2012

PSY: Bicara Bahasa Inggris Bikin Kepalaku Sakit

Kesuksesan "Gangnam Style" di Amerika diyakini tidak terlepas dari kemampuan bahasa Inggris PSY yang lancar. Ia tanpa kesulitan bicara bahasa Inggris saat tampil di berbagai acara televisi di sana. Namun ternyata PSY mengaku sebenarnya dirinya tidak semahir itu.

"Aku tinggal di Amerika selama 4 tahun tapi bahasa Inggrisku tetap parah," ungkap PSY. "Karena saat di New York teman bergaulku adalah mahasiswa Korea juga jadi aku jarang pakai bahasa Inggris. Bahkan saat kuliah di Berklee College of Music aku bicara Inggris hanya sekitar 5 kali."

"Aku merasa pede karena banyak yang mengomentari bahasa Inggrisku bagus tapi aku tetap khawatir dengan pelafalanku," lanjut PSY. "Ketika aku dapat pertanyaan bahasa Inggris, di dalam otakku akan menerjemahkannya ke Korea dan menjawabnya dengan Inggris. Proses penerjemahan ini berlangsung cepat jadi kepalaku terasa sakit."

Menyadari kekurangannya, PSY terus melatih kemampuan dengan menonton film barat. Penyanyi asuhan YG Entertainment ini mengaku sekarang bisa memahami jalan cerita film tanpa membaca teks terjemahan.

"Bahasa Inggrisku terus membaik. Saat ini aku berada di masa terbaik yang pernah kumiliki dalam berbahasa Inggris," imbuh PSY. "Aku belajar secepat mungkin yang aku bisa."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar